Artikel Bunga Potong

Cari Bunga Potong Sampai ke Rawa Belong
Dian Purwanto
153112500150015

Anda membutuhkan bunga segar? Ternyata di hutan beton seperti Jakarta sekalipun, Anda bisa menemukan bunga-bunga segar. Walaupun bukan berupa taman penuh bunga warna-warni.
Di Jakarta bagian barat, Anda bisa menemukan tempat yang menawarkan beragam jenis bunga dalam kondisi segar. Tempat ini dikenal dengan Pasar Bunga Rawa Belong. Ketika Anda menjejakkan kaki di tampat ini, mata Anda akan dimanjakan dengan warna-warni bunga segar dan semerbak harum wangi bunga.



Terletak di Jalan Sulaiman, pasar ini terbagi menjadi dua bangunan yang saling berseberangan. Masing-masing bangunan memiliki dua lantai. Bangunan pertama menjual beragam jenis bunga segar, sedangkan bangunan kedua lebih fokus pada aksesori untuk bunga, seperti pot, keranjang, dan besi untuk pot gantung atau berdiri.
Sejarah Pasar Rawa Belong
Berbagai jenis bunga ada. Dari lokal sampai import. Bunga krisan, lili, gerbera, anggrek, sedap malam, melati dan mawar. Dari bunga segar, bunga potong sampai bunga kertas dijual di sini. Omset berkisar 15 hingga 20 M rupiah per bulan. Belum termasuk putaran uang perdagangan barang penunjang; pot, busa air, pesanan penghias pesta dll.
Bermula dari kampung Betawi biasa. Penuh kebun anggrek dan berbagai tanaman.
Bercocok tanam bunga ditunjang dengan lokasi Rawabelong yang dekat dengan Kali
Pesanggrahan. Para petani menjual bunga hasil panenannya di pinggiran Jalan Palmerah. Tahun 1974 Departemen Pertanian memberikan lahan untuk berjualan. Karena strategis, dibangunlah pasar bertingkat. Di atas tanah seluas 1,3 hektar dan menampung 125 kios bunga dan sekitar 175
pedagang.
Lantai dasar bagian muka dijual berbagai jenis bunga berwarna menyolok. Warna-warna kelopak bunga itu menggundang perhatian calon pengunjung. Bagian belakang pasar adalah tempat pedagang daun potong bertransaksi. Yang dimaksud daun potong antaralain, daun philodendron,
anthurium, palem, asparagus, cordyline, irish, dracaena, dan pakis boston.
Harga Bunga Potong di Pasar Rawa Belong
Krisan, lili, dan gerbera dipajang dalam ember. Tiap ikatan berisi 20 kuntum. Krisan dijual Rp 15.000. Bunga lili dijual Rp 6.000 perkuntum kuntum. Mawar lokal per ikat berisi 20 kuntum dijual Rp 22.000. Mawar impor seharga Rp 35.000, kalau sedang tinggi harga Mawar mencapai Rp 75.000 dan Bunga Carnation Rp 35.000. Anggrek lengkap didapat di sana. Dari seharga 40 ribu sampai 120 ribu seikatnya. Bila moment Valentine atau Idul Fitri, harga-harga mereka naikkan sedikit.
Tingkat keawetan bunga juga menentukan harga jual. Bunga Anggrek yang dapat segar, 5 hari
sampai 1 minggu, seikatnya bisa mencapai Rp 100.000 untuk ukuran kecil. Untuk
ukuran yang lebih besar, harganya sekitar Rp 150.000 sampai Rp 200.000. Tergantung panjang tangkai dan jumlah kuntum.
Bunga krisan selalu ada. Meski harganya sering naik-turun. Berbeda dengan bunga lili. Bunga sekerabat dengan tanaman bawang ini, terkadang langka di bulan September – Desember. Setiap Kamis, pukul 03.00 hingga 04.00 dini hari, digelar lelang bunga untuk menentukan standarisasi harga dan kualitas bunga, perminggu.
Pemasok Bunga di Pasar Rawa Belong

Petani pemasok bunga potong di Rawabelong berasal dari berbagai daerah. Tiap daerah memiliki pasokan spesifik. Petani Sukabumi memasok anthurium daun,petani Cipanas dan Bandung
setor bunga krisan, garbera, lili dan anthurium bunga. Petani dari Malang dan Jawa Tengah, pemasok utama berbagai jenis bunga mawar.

Foto bersama kekasih hati

Komentar

Postingan Populer